16 September 2019

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Beri Pelatihan Personil Damkar, BADAK NGL Keluarkan Biaya Miliaran


Beri Pelatihan Personil Damkar, BADAK NGL Keluarkan Biaya Miliaran
Pelatihan Basic Fire Fighting & Rescue bagi 40 petugas Dinas Pemadam Kebakaran Kota Bontang yang digelar selama 6 hari bernilai Rp 2-3 Milliar diberikan cuma-cuma oleh PT Badak NGL.

KLIKKALTIM.COM - PT BADAK NGL memberikan pelatihan Basic Fire Fighting & Rescue bagi 40 personil Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Disdamkar) Kota Bontang. Training berstandar internasional diberikan perusahaan migas ini secara Cuma-Cuma atau gratis bagi petugas Damkar Bontang selama 6 hari.

“Kegiatan ini dilakukan dua waktu, pada tanggal 8-10 Mei dan berlanjut 16-18 Mei nanti, seluruh biaya ditanggung oleh PT Badak NGL,” kata Operation Senior Manager, Lamsihar S kepada Klik Bontang, Senin (8/5/2017).

Lamsihar, mengatakan tujuan pelatihan ini untuk meningkatkan kemampuan anggota Disdamkar Bontang. Peran Disdamkar tak hanya memadamkan api, mereka juga memiliki tanggung jawab untuk memberi perlindungan keselamatan para korban dari kobaran api yang menyala.

Materi pelatihan terdiri dari teori dan praktik, untuk teori materi yang diajarkan berupa, pengetahuan dasar kebakaran, hidrocarbon properties, equipment familiarisation & ground tactics, confined spice dan self contained breathing apparatus-scuba.

Sementara praktik langsung atau simulasi penanganan berupa fire fighting drum, fire fighting pump seal, smoke scamber, fire fighting flange leak dan confined rescue.

Menurut Lamsihar, biaya pelatihan fire and Rescue yang diajarkan ke Damkar Bontang senilai Rp 2-3 milliar untuk tiga hari pelatihan. Namun, melalui program Corporate Social Responsbility (CSR) pelatihan ini diberikan secara cuma-cuma.

Materi pelatihan ini terbukti teruji, sejumlah perushaan lokal seperti KPC, KPI, KPA, Methanol, Pertagas mengirimkan karyawan mereka untuk mengikuti pelatihan ini. Tak hanya dalam negeri, perusahaan asing asal India, Jepang, Singapura, Perancis hingga Afrika kerap memakai lembaga pelatihan ini.

"Kalau kami jual ke perusahaan diluar, nilainya mencapai Rp 2-3 miliar untuk durasi pelatihan selama lebih kurang tiga hari," jelas Lamsihar.

Dia menambahkan, Badak LNG menyadari pentingnya peran petugas Damkar Pemkot Bontang untuk menjaga pipa gas milik Badak LNG. Seperti kejadian beberapa waktu lalu, ketika terjadi kebakaran hutan di Kelurahan Belimbing, dimana terdapat pipa gas milik Badak LNG.

Langkah cepat dari Damkar Bontang mampu mengantisipasi api merembet ke pipa gas. Untuk itu, dirasa perlu memberikan pelatihan bagi petugas Damkar, demi kepentingan bersama. "Saat terjadi insiden kebakaran hutan di daerah perumahan serta kilometer 3 yang masih masuk lingkup area PT Badak NGL, pasukan Disdamkar begitu antusias meresponnya. Ini bentuk timbal baliknya, semoga kerjasama ini dapat berjalan dengan baik," harapnya.

Pasukan pemadam kebakaran Badak LNG dibentuk khusus untuk memadamkan api atau mengatasi kebocoran gas di area kilang. Sehingga wajar jika ada kebakaran di luar area perusahaan, akan dilakukan kalkulasi jumlah personil terlebih dahulu terkait ketersediaan anggota yang standby di pabrik sebelum membantu penanganan diluar perusahaan.

"Untuk insiden diluar, kami harus melewati fase kordinasi sebelum ikut serta memadamkan api. Begitu pun sebaliknya. Jadi harus kordinasi sebelum dirilis personil sekaligus unit yang akan turun membantu, mengingat keamanan dan pengamanan area kilang" imbuhnya.

Sementara itu Kepala Disdamkar, melalui sekertarisnya, Ambo Sakka menyampaikan apresiasi kegiatan pelatihan yang diberikan PT Badak LNG kepada para personilnya. "Atas nama Pemkot Bontang mengucapkan banyak terimakasih atas ketersediaan PT Badak NGL memberi bekal ilmu pelatihan basic fire fighting & rescue bagi anggota kami. Ini penting bagi kami guna menambah kemampuan dan skill saat melayani masyarakat dilapangan," ucapnya.

Terlebih saat berkesempatan mengikuti dan merasakan fasilitas training pemadam tingkat international, tentu menjadi kebanggaan bagi tim Disdamkar kota Bontang. (adv)

Reporter : Darwin Tri    Editor : Rama Dwi Pradipta



Comments

comments


Komentar: 0