14 November 2019

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Setiap Anggota DPRD Wajib Melaporkan Hasil Reses ke Publik


Setiap Anggota DPRD Wajib Melaporkan Hasil Reses ke Publik
Herdiansyah Hamzah yang merupakan Akademisi Fakultas Hukum Universitas Mulawarman

KLIKKALTIM.com -- Setiap anggota DPRD wajib melaporkan hasil pelaksanaan reses kepada Pimpinan DPRD. Hal ini dipaparkan Herdiansyah Hamzah yang merupakan Akademisi Fakultas Hukum Universitas Mulawarman.
 
Hal ini, menurut dia, sebagaimana disebutkan secara eksplisit dalam Pasal 88 ayat (5) PP 12/2018 tentang Pedoman Penyusunan Tatib DPRD, laporan reses tersebut paling sedikit harus memuat:
 
Pertama, waktu dan tempat kegiatan reses. Kedua, tanggapan, aspirasi dan pengaduan dari masyarakat danan Ketiga, dokumentasi peserta dan kegiatan pendukung.
 
Bagi anggota DPRD yang tidak melaporkan hasil reses, maka tidak diperkenankan melaksanakan reses berikutnya. Hal ini disebutkan secara tegas dalam Pasal 88 ayat (6) PP 12/2018.
 
"Yang menyatakan bahwa anggota DPRD yang tidak menyampaikan laporan reses, tidak dapat melaksanakan reses berikutnya," katanya.
 
Laporan reses tidak hanya disampaikan ke pimpinan, tetapi juga seharusnya dipublikasikan terbuka. Sebab ada hak publik untuk mengetahui apa saja yang dikerjakan para anggota DPRD selama reses.
 
Setidaknya laporan itu dipublikasi ke website agar mudah diperiksa oleh siapa saja. Apalagi laporan reses itu adalah dokumen terbuka yang seharusnya bisa diakses oleh siapa saja, kapan saja dan dimana saja. (*)
Reporter : Robbi    Editor : Liah Mulyono



Comments

comments


Komentar: 0