23 Juli 2019

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

BPK Telusuri Dugaan Penyimpanganan Kredit Bankaltimtara


BPK Telusuri Dugaan Penyimpanganan Kredit Bankaltimtara
Foto: Internet

KLIKKALTIM.COM - Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) mengendus adanya penyimpangan pemberian kredit dari Bank Kaltimtara kepada 19 rekanan penerima kredit. Dalam proses perbaikan dan audit berkala, 19 kredit bermasalah itu dibukukan pada 2018 silam, semester satu tahun 2017/2018.

Temuan itu berdasarkan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) Kepatuhan, Pengelolaan Kredit Tahun 2017-2018 semester 1 PT Bank Pembangunan Daerah (BPD) Kaltim - Kaltara Nomor 28/LHP/XIX.SMD/XII/2018 (Sumber data BPK Kaltim).

Pelaksana tugas (Plt) Perwakilan BPK Kaltim Agung Hartono mengatakan, temuan kredit pemberian modal tersebut tengah didalami secara menyeluruh. Pihaknya telah memberikan rekomendasi kepada Bankkaltimtara untuk segera menyelesaikan macetnya setoran.

"Rekomendasi sudah kami berikan, setiap enam bulan sekali kami selalu pantau perkembangannya. Saat ini kami sedang mendalami apakah ada penyimpangan tersistematis dari pihak bank," ujar Agung.

Menanggapi adanya indikasi penyimpangan pemberian kredit, Direktur Utama PT Bankaltim Kaltara Zainuddin Fanani mengatakan, bank yang dia pimpin kembali mendapatkan opini wajar tanpa pengecualian (WTP). Menurutnya tidak semua daerah mendapatkan WTP, dan itu sulit. Bankaltimtara tidak pernah gagal mendapatkan WTP, setiap tahun laporan keuangan bank selalu meraih opinini WTP. 

Artinya pengelolaan keuangan sudah betul-betul memenuhi standar sistem akutansi Indonesia. Bankaltim Kaltara tergolong bank sehat, dan sepanjang 2018 sudah menerima 31 penghargaan dari berbagai lembaga.

"PT BPD Kaltim Kaltara selalu mendapat WTP, itu sudah menjadi bukti sehat," katanya.



Reporter : Yoyok Sudarma    Editor : Marki



Comments

comments


Komentar: 0