16 September 2019

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Kaltim Dapat Opini WTP, Wagub Sebut Transparansi Meningkat


Kaltim Dapat Opini WTP, Wagub Sebut Transparansi Meningkat
Penyerahan laporan BPK

KLIKKALTIM.COM - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Timur (Kaltim) kembali meraih predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) untuk ke enam kalinya. Predikat itu merupakan hasil rilis opini yang dikeluarkan oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Republik Indonesia (RI) atas laporan keuangan Pemprov Kaltim tahun anggaran 2018.

Wakil Gubernur (Wagub) Kaltim, Hadi Mulyadi saat menghadiri Rapat Paripurna ke-14 di Gedung DPRD Kaltim, Jumat, 24 Mei 2019 menyebutkan, hal ini menunjukkan transparansi anggaran di tubuh Pemprov.

“Tentunya hal ini juga dapat memunculkan kepercayaan masyarakat terhadap pengelolaan keuangan daerah di Kaltim," katanya dalam rapat dengan agenda Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) oleh BPK RI Perwakilan Kaltim itu.

Keberhasilan ini juga, lanjutnya, sebagai cerminan bahwa pengelolaan keuangan daerah di Kaltim sudah akuntabel, transparan dan profesional. Dirinya berharap, predikat ini juga dapat diraih di tingkat Kabupaten/Kota.

"Saya harap, untuk tingkat kabupaten dan kota juga mendapatkan opini WTP seperti Pemprov Kaltim,” imbuhnya.

Kepala BPK RI Perwakilan Kaltim, Raden Cornell Syarief Prawiradiningrat menjelaskan, WTP yang diperoleh menandakan laporan keuangan dan informasi yang dilakukan Pemprov Kaltim sudah baik.

“Artinya tidak ada masalah yang secara material yang menganggu kewajaran laporan keuangan,” kata Raden.

Namun lanjut dia, hanya ada beberapa permasalahan secara dokumen dan sekiranya itu dapat segera dibenahi dan dituntaskan kedepannya. Hal itu menjadi poin yang menjadi catatan untuk dapat segera dibenahi.

Dalam paripurna tersebut, dilakukan penandatangan berita acara dan penyerahan LHP BPK RI atas LKPD Pemprov Kaltim yang memperoleh opini WTP oleh Wagub Kaltim, Kepala BPK RI Perwakilan Kaltim serta Ketua DPRD Kaltim, HM Syahrun. (*)

Reporter : NR Syaian    Editor : Marki



Comments

comments


Komentar: 0