22 Mei 2019

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Kini, Tak Lagi Bebas Undang Orang Masuk Grup Whatsapp


Kini, Tak Lagi Bebas Undang Orang Masuk Grup Whatsapp
Foto: Ilustrasi

KLIKKALTIM.COM - Anda sering sebal karena tiba-tiba dimasukkan ke sebuah grup WhatsApp tanpa diberitahu lebih dulu? Padahal untuk langsung keluar dari grup, khawatir dicap sombong. Kini Anda tidak perlu khawatir karena Whatsapp sedang menyiapkan solusinya, yaitu pengaturan siapa saja yang bisa memasukkan Anda ke dalam sebuah grup percapakan.

Aplikasi pesan WhatsApp telah menghadirkan fitur undangan grup versi beta untuk Android. Fitur tersebut merupakan salah satu dari banyak fitur yang ditunggu-tunggu, demikian dilaporkan laman indiatoday, Kamis, 28 Februari 2019.

Fitur tersebut memungkinkan kita untuk memutuskan siapa yang dapat menambahkan kita ke sebuah grup. WaBetaInfo menegaskan bahwa fitur itu sebagai pembaruan beta untuk pengguna Android. Fitur yang sama juga sebagai pembaruan beta untuk pengguna iOS TestFlight telah diluncurkan beberapa hari sebelumnya.
 
Fitur undangan grup akan memberikan pengguna kontrol penuh atas grup yang diinginkan. Fitur tersebut diharapkan dapat mengakhiri salah satu masalah terbesar di WhatsApp yaitu menambahkan seseorang menjadi anggota grup tanpa persetujuan yang bersangkutan.

 

Berkenaan dengan bagaimana tepatnya fitur tersebut akan muncul di aplikasi, WhatsApp diinformasikan menambahkan opsi Grup dalam Pengaturan yang dapat digunakan untuk mengelola pengaturan privasi untuk grup WhatsApp. Untuk mengaktifkan fitur ini, buka Pengaturan, Akun, dilanjutkan Privasi, pilih Grup, dan pilih siapa yang dapat menambahkan Anda ke grup.

Setelah itu, pengguna akan dihadapkan pada tiga opsi: Semua orang, Kontak saya, dan Tidak ada seorang pun. Opsi Semua Orang akan membuat pengguna terbuka untuk semua grup. Dalam hal ini pengguna dapat ditambahkan oleh semua orang di grup mana saja dan tidak akan menerima undangan untuk ini.

Opsi Kontak saya akan memungkinkan pengguna untuk ditambahkan dalam grup oleh kontak yang tersimpan. Pengguna akan menerima undangan untuk bergabung dengan grup dari orang-orang yang tidak ada dalam daftar kontaknya.

Terakhir, yang tidak kalah pentingnya adalah opsi Nobody. Tidak ada yang dapat menambahkan Anda ke grup mana pun. Anda akan menerima undangan setiap kali seseorang mencoba menambahkan Anda ke sebuah grup WhatsApp. Kendali di tangan Anda sepenuhnya. (*)

Reporter : Marki/Tempo.co    Editor : Marki



Comments

comments


Komentar: 0